Cara Root Acer Liquid Z410



Ketika kamu merasa bahwa Acer Liquid Z410 4G LTE sangat terbatas dalam pengoperasianya, berarti sudah sampai pada tahap pemakaian dimana anda membutuhkan akses root sebagai sarana mengembangkan pemakaian android. Acer Liquid Z410 4G LTE yang banyak digemari orang tentunya akan memiliki fitur yang lebih hebat jika root dilakukan dalam HP ini. kamu bisa mendapat aplikasi lebih banyak dan memainkan berbagai aplikasi terlarang pula. Sekarang, mari kita pelajari cara mudah yang bisa anda tempuh untuk melakukan rooting.

Ponsel pintar ini semakin meramaikan jajaran smartphone dengan fitur koneksi berteknologi 4G di Indonesia di tahun 2015 ini. Acer memperkenalkan seri Acer Liquid Z410 ini pada januari 2015 lalu, meski tersedianya di Indonesia pada tiga bulan setelahnya. Kini ponsel ini sudah tersedia di banyak counter didaerah. Acer Liquid Z410 ini menjadi pesaing kuat untuk beberapa smartphone di kelas yang sama di vendor China lainnya, seperti Asus Zenfone 5, Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 2. Mereka memiliki range harga yang sama berkisar 1 jutaan .

 Kemampuan Acer Liquid Z410 ini dapat bersaing dengan beberapa seri ponsel diatas. Dan untuk spesifikasinya, ponsel Acer ini dibekali dengan teknologi Chipset Mediatek MT6732 dan CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dengan arsitektur 64 Bit dengan kapasitas 1GB RAM mampu membuat ponsel ini tetap stabil meski dibuat multitasking. Main game HD pun tak masalah karena sudah ada GPU dari Mali-T760MP2. Smartpohne ini memiliki dua buah kamera dengan lensa 5MP untuk kamera belakang dan 2MP untuk kamera depan.

Sedangkan untuk supply dayanya dibekali dengan baterai berkekuatan 2000 mAh. Untuk mendapatkan akses root Liquied Z410 ini, silahkan simak cara rootnya di kolom tutorial dibawah ini. Tapi sebelum sobat mencobanya sebaiknya pahamin dulu apa itu root dan kelebihan serta kerugian dari root ini.

Arti Root Android

Rooting adalah proses untuk membuka semua akses sistem Android agar kita dapat mengelola Acer Liquid Z410 4G LTE dengan sepenuhnya. Dengan melakukan proses ini, pengguna perangkat Android dapat menggunakan secara penuh perangkat, seperti untuk memberikan kinerja yang lebih atau mengkostumisasi perangkat dengan semaunya.

Kelebihan dan Kekurangn Root Di Acer Liquid Z410 4G LTE

Kelebihan

  • Bisa Hapus Aplikasi Bawaan Aplikasi sistem yang terlalu banyak akan memakan memori internal dan juga RAM di smartphone kamu. Sayangnya, kamu tidak bisa begitu saja menghapus aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware.K amu bisa menghapus aplikasi bawaan ini dengan mempunyai akses Root dalam perangkat kamu.
  • Dapat Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Salah satu cara agar smartphone kamu tetap dalam kondisi yang prima adalah dengan rutin melakukan Factory Reset. Nah, pasti kamu akan merasa repot jika harus meng-install ulang semua aplikasi. Cara paling ampuh dan mudah adalah dengan mem-backup semua aplikasi lewat Titanium Backup. Titanium Backup sendiri harus mempunyai akses Root untuk melakukan backup dan restore aplikasi yang ada di smartphone kamu.
  • Kontrol Kernel dan CPUDengan adanya akses Root di smartphone, kamu bisa melakukan overclock pada CPU smartphone kamu. Overclock sendiri dapat diartikan sebagai memaksa prosesor untuk dapat melakukan pekerjaannya sampai pada batas maksimalnya. Sudah pasti, dengan di-overclock-nya prosesor, smartphone kamu akan terasa lebih cepat dan ringan.
  • Menghindari Wakelock Wakelock adalah kondisi dimana sistem yang terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di background. Kondisi ini pastinya dapat membuat smartphone kamu terasa lebih lambat dan cepat menghabiskan baterai juga.Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify yang akan membuat aplikasi masuk ke mode hibernasi saat tidak digunakan.

Kekurangan

  • Rooting dapat menghilangkan garansi
  • Tidak Bisa Update Sistem Operasi Secara OTA
  • Mengalami kegagalan saat update OTA
  • Celah Keamanan Semakin Lebar

 

Cara Root Acer Liquid Z410 4G LTE Dengan Kingroot

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi.
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  4. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  5. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try It.
  6. Kemudian klik Try Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda.
  7. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  8. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Acer Liquid Z410 4G LTE berhasil diroot.
  9. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Acer Liquid Z410 4G LTE. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Acer Liquid Z410 4G LTE sudah berhasil diroot.

 

Cara Root Acer Liquid Z410 4G LTE Dengan Kingo root

  1. Download Aplikasi Kingo Root disini
  2. Klik file APK dan instal aplikasi Kingo root di Acer Liquid Z410 4G LTE.
  3. Jika instalasi selesai, buka aplikasi Kingo ROOT dan klik One Click Root untuk memulai rooting.
  4. Pastikan jaringan internet stabil pada saat melakukan rooting dengan KingoRoot.
  5. Tunggu beberapa saat hasilnya akan muncul di layar Acer Liquid Z410 4G LTE tulisan “ROOT SUCCEED“.

 

Petanyaan Dan Jawaban Mengenai Root Di Acer Liquid Z410 4G LTE

  • Kok Aplikasi Tidak Terpasang? - Pastikan Unknown Source/Sumber Tidak dikenal sudah di aktifkan. Menunya ada di Settings/Pengaturan – Security/Keamanan. Kalau masih tidak bisa juga coba di nonaktifkan dulu internet di HP kalian. Kalau Kingroot atau Kingo Root telah terpasang segera aktifkan kembali internetnya.
  • Tidak bisa di install, muncul Installation Blocked? - Apabila muncul Installation Blocked pilih More Detail kemudian pilih Install Anyway (unsafe)
  • Kenapa ada notifikasi aplikasi berbahaya? - Semua aplikasi root akan di anggap sebagai aplikasi berbahaya, karena root akan mematikan keamanan HP ACER kita.
  • Berapa lama proses rootnya - Tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan dan seberapa sibuk server kedua aplikasi tersebut menghandle request root dari seluruh dunia.

Demikianlah cara root Acer Liquid Z410 4G LTE yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.